Senin, 05 November 2012

Peranan dan Kegunaan Joomla


PERANAN DAN KEGUNAAN JOOMLA

LATAR BELAKANG


Internet berasal dari kata Interconection Networking yang mempunyai arti hubungan dari berbagai komputer dengan berbagai tipe yang berbentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia ( jaringan komputer global ) dengan mempermudah jalur telekomunikasi seperti telepon, wireless, dan sebagainya.
            World Wide Web ( WWW ) merupakan jaringan beribu-ribu komputer yang dikategorikan menjadi dua yaitu client dan server dengan menggunakan sebuah software khusus membentuk jaringan khusus yang disebut jaringan client-server. Cara kerja WWW ada dua hal yang terpenting yaitu software web server dan software web browser. Server mengirimkan perintah- perintah ke client dengan menampilkan informasi dalam bentuk HTML (Hypertext Markup Language) yang berguna dalam pembuatan dokumen dan aplikasi yang berjalan di halaman web. Situs web yang sering di sebut website merupakan alamat URL yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi dengan topik tertentu.
            Belakangan ini, internet sangat dibutuhkan oleh masyarakat, masyarakat sebagai client atau server sangat erat kaitannya dengan sebuah website. Website bukan hanya untuk mencari atau memberi informasi tetapi juga untuk memperoleh keuntungan dari website itu sendiri. Banyak masyarakat yang belum paham tentang cara membuat website dengan HTML sehingga sangat sulit bagi masyarakat untuk memberi informasi atau menuangkan kreasi mereka dalam sebuah website. Masyarakat memerlukan sebuah cara yang gampang tanpa perlu memikirkan bagaimana membuat source code HTML dalam setiap menu pada website.
Menu pada sebuah Website merupakan faktor terpenting. Dengan menu, setiap pengunjung Website akan tahu kemana harus 'melangkah' untuk mendapatkan informasi yang diinginkannya. Pada kebanyakan Website, pembuatan menu menjadi masalah yang menyulitkan. Mungkin mudah pada saat awal membuat menu, tetapi akan menjadi mimpi buruk ketika harus memperbarui ratusan halaman Website hanya untuk membuat sedikit perubahan dalam sistem menu.
            Masalah tersebut tidak akan pernah terjadi apabila menggunakan Joomla, cukup melakukan sedikit perubahan pada menu maka semua yang terkait akan langsung menyesuaikannya saat itu juga .Satu kelebihan Joomla yang menonjol adalah dapat digunakan oleh siapapun secara gratis, baik untuk keperluan pribadi ataupun komersial. Tidak hanya gratis, dengan sifatnya yang Open Source, siapapun diperbolehkan 'mengutak-atik' source code Joomla! untuk mendapatkan Website yang benar-benar sesuai kebutuhan sehingga berbeda dengan Website Joomla! lainnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar