Computer Supported Cooperative Work (CSCW)
Istilah Computer
Supported Cooperative Work (CSCW)
pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh
mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan
mereka. Pada kesempatan yang
sama pada tahun 1987, Dr. Charles Findley mempresentasikan
konsep collaborative learning-work. Menurut , CSCW mengangkat isu seputar
bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat
didukung teknologi komputer. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware, namun yang lain mengatakan bahwa
groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis komputer, sedangkan
CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan teknik dari groupware itu sendiri,
termasuk didalamnya efek yang timbul baik secara psikologi maupun sosial. Hasil
CSCW disebut GROUPWARE. Definisi
yang diajukan mempertegas
perbedaan di antara dua konsep ini :
“CSCW adalah sebuah istilah generik, yang menggabungkan pengertian
bagaimana orang bekerja dalam sebuah kelompok dengan teknologi pendukung berupa
jaringan komputer, Perangkat keras, Perangkat lunak terkait, layanan, dan teknik.”
TUJUAN CSCW
1. Mempelajari bagaimana orang bekerjasama sebagai kelompok dan apa yang
mempengaruhi teknologi
2. Mendukung proses pelaksanaan pekerjaan walaupun secara geografis
dipisahkan .
BAGIAN-BAGIAN CSCW
1. Komunikasi face to face
2. Percakapan
3. Komunikasi Berbasis Teks
4. Kerja Kelompok
1. CSCW MATRIX
Salah satu bentuk umum konseptualisasi sistem CSCW adalah dengan
mengamati konteks dari penggunaan sistem tersebut. Contohnya adalah matriks
CSCW, yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1988 oleh Johansen; dan juga muncul pada [4].
Matriks dimaksud membagi konteks sebuah "work" ke dalam dua dimensi
yakni waktu dan lokasi. Dimensi waktu dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan
pada waktu yang bersamaan (sinkron), atau berbeda (asinkron). Dimensi lokasi
dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada tempat yang sama, atau tempat
yang terdistribusi.
GROUPWARE
SISTEM GROUPWARE PADA CSCW
Groupware memiliki software yang membantu kelompok kerja/kolega
terhubung ke jaringan komunikasi untuk mengelola aktifitas mereka. Operasi
Pendukung antara lain: Penjadwalan rapat dan alokasi sumber daya, e-mail,
e-newsletter, distribusi file, dan lain sebagainya.
Tujuan Kerja Sama
1.
Kemitraan terfokus: kerja sama antara dua pemakai
yang saling membutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
2.
Kuliah atau demo. Seseorang membagikan informasi kepada
banyak pemakai di tempat lain. Waktunya dijadualkan.
3.
Konferensi. Komunikasi kelompok dengan tempat dan
waktu yang berbeda.
4.
Proses kerja terstruktur. Orang yang
peranannya berbeda bekerja sama dalam tugas yang berhubungan
5.
Electronic commerce. Kerja sama jangka pendek untuk
mencari informasi dan memesan produk, dan jangka panjang untuk perjanjian atau
kontrak bisnis.
6.
Rapat dan dukungan keputusan. Rapat tatap
muka menggunakan komputer dengan membuat kontribusi simultan.
7.
Teledemokrasi. Pemerintah melakukan rapat jarak jauh,
menampilkan komentar dewan, mencari konsensus melalui konferensi, debat,dan
pemungutan suara online.
Pengelompokan sistem kerjasama :
Matriks waktu
ruang untuk mengelompokkan sistem kerjasama (ellis et al. 1991)
1. Tempat Sama , Waktu Sama
1.
System pendukung keputusan kelompok (group
decision support system):
Keadaan ini memungkinkan untuk bertemunya satu kelompok dalam mengambil suatu keputusan secara bersama dan tatap muka, maupun menggunakan alat komunikasi tetapi masih di tempat dan waktu yang sama.
Keadaan ini memungkinkan untuk bertemunya satu kelompok dalam mengambil suatu keputusan secara bersama dan tatap muka, maupun menggunakan alat komunikasi tetapi masih di tempat dan waktu yang sama.
2. Tampilan bersama
dari komputer dosen, penggunaan proyektor untuk menayangkan presentasi
3. Audience response
units, menjawab pertanyaan pilihan ganda dengan piranti khusus pada meja
peserta
4. Text-submission
workstations, bercakap-cakap menggunakan keyboard dan software sederhana
5. Turn taking adalah
proses dimana peran dari pembicara dan pendengar bertukar tempat. . proses turn
taking terjadi karena:
·
Pembicara menawarkan kesempatan kepada pendengar secara eksplisit, missal:
mengajukan pertanyaan
·
Pembicara memberikan gap singkat dalam pembicaraan. Bentuk pemberian gap
dari pembicara terutama berhubungan dengan audio channel. Masalah pada
pemberian gap terjadi jika komunikasi jarak jauh (komunikasi berbasis satelit)
karena keterlambatan waktu.
6. Shared PC dan
shared window system Contoh : jika peserta sedang menggunakan program
spreadsheet secara bersama untuk memecahkan masalah keuangan
7. Shared workspace.
Ruang kerja yang sama yang sapat diakses oleh semua pemakai
8. Co-Authoring System
9. Shared Diaries
·
Setiap orang menggunakan shared electronic diary, hal
ini berlaku sama jika menggunakan personal komputer dan pocket organizers
·
Jika seseorang ingin mengatur pertemuan maka sistem akan mencari diari
semua orang untuk menemukan waktu yang kosong
·
Group activities. Para pemakai dapat mengerjakan soal, dan yang butuh
bantuan dapat mengangkat tangan untuk menamapilkan tampilannya pada shared
display
10. File
sharing. Penggunaan komputer dalam jaringan untuk memakai file bersama.
2. Tempat Sama ,Waktu Berbeda
1.
Post-It Notes : Salah satu cara komunikasi yang
sangat baik untuk orang kantoran atau mahasiswa dalam meninggalkan pesan.
Misalnya si A meniggalkan pesan untuk B dan meletakkannya di meja si B,
keesokan harinya si B melihat pesan dari si A. ini adalah salah satu komunikasi
dalam group ware yang dimana tempat yang sama dalam meningglakan pesan tetapi
waktu yang berbeda dalam membaca pesan itu sendiri.
2. Shared File
3. Shift work
4. Team Rooms
5.
Shift
Cashier
6.
Penjadwalanp royek (Project
Scheduling) yaitu, di tempat yang
sama kita dapat melakukan suatu penjadwalan walaupun tidak dilihat oleh anggota
yang lain dengan cara meninggalkan suatu pesan seperti bookmark, share calendars, contcts dan yang lain. Pada waktu
yang berbeda anggota lain dapat melihat pesan yang telah ditinggalkan tadi.
Seperti aplikasi yang disediakan oleh Horde Groupware yang dapat anda lihat di
sinihttp://www.horde.org/apps/groupware
7. Alat bantu koordinasi
8.
Group Displays
9.
Shift Work Groupware
10. Project Management
3. Tempat Berbeda, Waktu Sama.
1. Telepon , Dengan telepon
kita dapat melakukan suatu perbincangan dengan orang lain dari tempat yang
sanagat jauh tetapi dalam waktu yang bersamaan. Telepon saat ini sudah menjadi
kebutuhan pokok bagi para pebisnis untuk melakukan transaksi, konfirmasi suatu
berita, meminta suatu pendapat dan yang lainnya.
2.
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P peer to peer.
Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan
tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi
yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia.
Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis,
menghubungi telepon tradisional
dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn),
dan menerima pesan suara
Tools :
·
Memanggil
·
Video
·
Pesan
·
Berbagi
3.
Google Hangout, Hangout
sendiri berbentuk aplikasi messaging, sama dengan WhatsApp dan Facebook
Messenger yang memungkinkan Anda
mengirim pesan, foto, emoji, dan melakukan video call dengan teman dan
keluarga. Karena Hangouts tersedia di Gmail, Google+, di perangkat iOS atau
Android, dan sebagai ekstensi Chrome, Anda dapat tetap terhubung baik Anda
berada di rumah atau sedang dalam perjalanan.
4.
Adobe Connect adalah aplikasi yang kurang lebih sama dengan aplikasi
web-confercing lainnya (Google
Hangout dan Skype), namun fitur-fitur lain ditambahkan untuk mendukung user
professional
Fitur :
·
Online meeting via video dan audio (VoIP)
·
Screen Sharing
·
Whiteboars
·
Polling
·
SDK
5.
IRC adalah suatu
bentuk komunikasi di Internet yang
diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama
komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan
6.
channel (saluran),
tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi. IRC
muncul sebagai saluran komunikasi pintu belakang yang menarik
yang meliput kejadian-kejadian penting. Pada saat alat-alat komunikasi tradisional
tak dapat berfungsi dengan baik, IRC dapat menjadi alternatif yang dapat
diandalkan.
7.
Timbuktu adalah software remote control yang dikembangkan oleh WOS
Datasystem. Software ini bisa mengontrol komputer lain yang terhubung dengan local network atau
internet, melihat layar dan mengoperasikan sistem yang sama.
8.
NetMeeting adalah suatu perangkat lunak bawaan dari sistem operasi Microsoft
Windows yangmenyediakan fasilitas-fasilitas untuk berkomunikasi antarpengguna
di seluruh dunia. Dengan fasilitas-fasilitas NetMeering anda dapat melakukan
beberapa aktivitas melalui jaringan komputer yang diantaranya adalah :
1. Melakukan pemanggilan ke komputer lain atau ke telepon
biasa (via VoIP) dengan menggunakan jaringan komputer
2. Amelakukan rapat dengan orang lain yang terkoneksi
dengan jaringan yang digunakan secara audio/video
3. Berbagi (sharing) penggunaan program atau desktop
4. Pengendaalian komputer jarak jauh
5. Diskusi dengan pengguna lain baik dengan suara,
tulisan(chat) ataupun dengan gambar (whiteboard)
6. Melakukan pengiriman dan penerimaan file
9.
CU-SeeMe adalah sebuah program Videoconferencing bagi Macintosh atau
Windows yang terhubung ke Internet & sifatnya public domain (dibawah
copyright Cornell University & kontributornya). Sampai saat ini,
kemungkinan besar hanya CU-SeeMe yang merupakan program video conference yang
sifatnya gratis / public domain. Dengan menggunakan CU-SeeMe, kita dapat
melakukan videoconference dengan lokasi dimana saja di seluruh dunia.
10. Game Online jenis permainan komputer yang
memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan yang biasanya digunakan adalah jaringan
internet dan yang sejenisnya serta selalu menggunakan teknologi yang ada saat
ini, seperti modem dan koneksi kabel. Biasanya game online disediakan sebagai
tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasaonline, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang
disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut.
Sebuah game online bisa dimainkan secara bersamaan dengan
menggunakan komputer yang terhubung ke dalam sebuah jaringan
tertentu.
4. Tempat Berbeda, waktu yang Berbeda
1.
Bulletin Board adalah suatu sistem komputer yang mengaktifkan perangkat lunak yang
memungkinkan pengguna-pengguna untuk memutar nomor ke sistem melalui saluran
telepon dan menggunakan terminal progam untuk melakukan fungsi-fungsi
seperti men-download perangkat lunak dan data, meng-uplaod data,
memainkan game, membaca berita-berita dan saling bertukar pesan
dengan pengguna-pengguna lainnya.
2. Blogs merupakan
salah satu tempat untuk menyebarkan informasi yang efektif saat ini. Mulai dari
tutorial hingga penjualan barang-barang. Dengan adanya blogs ini, orang-orang
dimudahkan dalam membagikan informasi tanpa harus repot dalam membuat suatu
website dimana kita harus membuatnya dari nol hingga kita memposting website
tersebut.
3.
Newsgroup adalah kelompok diskusi maya di
internet. Newsgroup disalurkan melalui Usenet, jaringan
kelompok diskusi warta.Usenet menggunakan protokol NNTP (Network News Transfer
Protocol). Newsgroup dikelompokkan dalam subyek-subyek secara
hirarkis dengan beberapa huruf pertama sebagai kategori subyek.
4.
Kaskus adalah situs forum komunitas
maya terbesar dan nomor
1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser.Fitur
: KasPay, e-pulsa, Kaskus Ads, Kaskus Radio, Kaskus Mobile, Sub forum
5.
Gmail adalah layanan surel milik Google. Gmail
adalah layanan surat elektronik berbasis
web terbesar dengan 425 juta pengguna aktif di seluruh dunia.
Tools:
·
Filtering(Message
rules pada Microsoft Outlook Exspress).
·
Archiving
(Menyimpan pesan lalu).
·
Forwarding(Meneruskan
pesan).
·
Mailing list.
·
Dapat
mengandung gambar, suara, animasi, attachments berupa file dsb.
6. Wikipedia
Wikipedia adalah ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada
tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada
tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh
para penyunting dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapa pun dapat
menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan
mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.
Fitur : read, view source, view history
7. YouTube
Youtube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh
tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan
pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini
berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten
video buatan
pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik.
Fitur :
Teknologi
video, Playback,Pengunggahan,Kualitas dan codec,Video3D, Keteraksesan
konten,Platform,Lokalisasi
8. 4shared ialah penyedia penyimpanan berkas dalam
jaringan yang berasal
dari Ukraina yang didirikan pada tahun 2005 di Kiev oleh Alex Lunkov dan Sergey Chudnovsky. 4shared
memiliki sekitar 5.300.234 pengguna, 11.000.222 kunjungan harian, 940TB
berkas-berkas yang disimpan dalam 4shared dan 317TB transfer berkas setiap
hari.
Fitur :
Pengguna
bisa memberikan penilaian dengan memberikan ranah (rating) hingga, 5 bintang
membagi tautan dan informasi pada berbagai jejaring
sosial, memberikan testimoni dan komentar yang bisa diberikan
pada suatu berkas. Seorang pengguna juga bisa berlangganan untuk dapat
mengetahui perkembangan-perkembangan berkas yang dimiliki oleh pengguna lain,
layaknya seorang pengguna yang dapat melihat status temannya pada akun facebook atau twitter
9. MediaFire adalah
sebuah situs di mana orang dapat mengunggah gambar atau
berkasnya. Situs ini dibuat pada tahun 2006 di The Woodlands Wilayah Montgomery Texas, Amerika
Serikat. Domain situs ini -
adalah mediafire.com yang menarik hampir 60 juta pengunjung
yang dihitung pada tahun 2008 menurut studi Compete.com.
Fitur :
Fitur
MediaFire cukup bagus karena semua user akan diberikan data ruang yang tidak
terbatas namun untuk user gratis, file yang diunggah maksimal 200MB, untuk
user Pro, file yang diunggah maksimal 4GB dan untuk user Business,
file yang diunggah maksimal 10GB. MediaFire tidak membuat waktu tunggu
mengunduh, batasan download paralel, dan batasan bandwidth.
Namun, MediaFire membutuhkan cookies dan CAPTCHA jika
anda mengunduh berkas yang sama dua kali.
10. Gmail adalah
layanan surel milik Google. Pengguna dapat mengakses Gmail dalam
bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atauIMAP4. Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1
April 2004dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih
menyandang status Beta. Bersama seluruh produk Google Apps, layanan ini tidak lagi Beta pada 7 Juli 2009.
Fitur :
Gmail
menyediakan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7538 megabyte dan
terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain.
seperti Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna
dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail
merupakan email dengan kapasitas terbanyak.
Gmail juga
mengaplikasi teknologi pencarian Google yang
memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka. Gmail juga
menampilkan iklan yang
didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya
diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.Gmail
dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai
20 MB per
email.
Salah satu
dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk
"Conversation view".
izin copas kaka .. buat tugas kuliah :D
BalasHapusarigatou
Oke
BalasHapusijin copas you
BalasHapus